Jumat, 12 Maret 2010

MENCINTAI RASULALLAH SAW

Mencintai Rasulallah SAW
(Renungan di Bulan Maulid 12 Rabiul Awal)

Assalamu alaika zain al anbiyaa (Salam bagimu wahai hiasan para nabi), Assalamu alaika azkal azkiyaa (Salam bagimu yang tercinta dari orang-orang suci), Anta syamsun anta badrun anta nurun fauqa nuurin ( Engkau bagaikan matahari, bulan purnama, cahaya diatas cahaya)

Cinta memang tidak bisa hanya cukup disimpan dalam hati tetapi harus di ekspresikan dengan ucapan dan perbuatan. Mengekspresikan cinta kepada Muhammad bin Abdullah Rasulallah SAW dengan membaca shalawat, pujian, salam dan rasa kerinduan kepadanya serta senantiasa menjalankan sunnahnya memperbanyak dzikir tanpa dibatasi ruang dan waktu. seperti dalam firmannya : "Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku (Nabi), maka Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu (QS 3:31) dan dalam sebuah hadist Rasulallah SAW bersabda : "Demi Zat yang diriku berada didalam genggaman-Nya, tidak beriman (sempurna) seseorang dari kalian sampai aku lebih ia cintai dari pada orang tua dan anaknya (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, vol I, hlm 14 dan Muslim, Shahih Muslim vol I, hlm 76)

Muhammad bin Abdullah Rasulallah SAW merupakan insan yang sangat mulia dari yang mulia, sangat suci dari yang tersuci, sangat baik dari yang terbaik dan sangat kita rindukan dan kita cintai.

Bukankah Allah SWT sendiri dan para Malaikatnya memberikan Salawat dan Salam kepada Sayidina Muhammad bin Abdullah Nabi dan Rasulallah SAW penutup para Nabi. seperti dalam firmannya : " Sesunguhnya Allah dan Mailakat-malaikatnya bershalawat untuk nabi...." (QS. 33:56). penggalan ayat ini menunjukan bahwa Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya bagi Nabi Muhammad SAW dan para malaikat meminta keampunan bagi Nabi Muhammad SAW.

Tentu tidak hanya dengan pujian dan salawat saja yang mestinya kita lakukan tetapi bukti kecintaan kita kepada Rasulallah SAW kita aktualisasikan dalam kehidupan dengan menjalankan sunnahnya. Banyak cara agar dapat menambah ke cintaan kita kepada Rasulallah SAW Insan yang sangat Mulia dari yang termulia, diantaranya sebagai berikut :
1. Menjalankan pesan-pesan dan ajaran Rasulallah SAW
seperti firman-Nya : " Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku (Nabi), maka Allah akan mencintaimu dan menghapus dosa-dosa kamu" (QS. 3:31)
Bersabda Nabi, Artinya : "Barang siapa bershalawat untukku sekali, niscaya Allah bershalawat untuknya sepuluh kali" (HR. Muslim dari Abu Hurairah)
2. Merindukan bertemu Rasulallah SAW
Sekalipun kita disaat kini belum pernah bersama dan bertemu dengan Nabi Muhammad bin Abdullah SAW, namun dihati sanubari kita yang terdalam sudah merasakan nikmat yang tak terhingga ketika kita membaca shalawat dan mengdengar bacaan shalawat serta dengan Rahmad dan hidayah Allah kita juga dapat menjalankan Ajaran Nabi Muhammad Rasulallah SAW. Dari Abu Hurairah Ra. dia berkata : Saya mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda , artinya : "Siapa yang melihatku di dalam mimpi, maka dia akan melihatku pada saat jaga. Dan Syaitan tidak bisa memerankan diriku." (HR.Bukhari, Shahih Bukhari, vol VI hlm 2567; dan Abu daud, sunan Abu Daud, vol IV, hlm 305)
3. Memperbanyak baca shalawat dan pujian untuk Nabi Muhammad Rasulallah SAW.
bertolak dari Firman Allah SWT "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatnya bershalawat untuk Nabi, hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."(QS. al-ahzab :56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar